Kamis, 21 Januari 2016

Ketahui Segera Dua Jenis Jerawat Berbahaya Ini ...

Punya masalah dengan jerawat ?

Sebenarnya jerawat dapat sembuh dengan cepat, asal diberikan perawatan yang tepat. Namun kondisi tertentu membuat jerawat tergolong berbahaya. Bila demikian, konsultasi denga dokter spesialis kulit sangat disarankan.

Ini diungkapkan oleh dr. Maya Milani SpKK dari Rumah Sakit Haji Darjad (RSHD) Samarinda. Dia mengatakan, ada dua kondisi jerawat yang sebaiknya segera diobati oleh dokter. Berikut rangkumannya seperti yang dikutip dari Kaltim Post, edisi Juli 2015 :
  • .       Jerawat Konglobata

Jenis jerawat ini merupakan kondisi kronis dan akut. Jerawat konglobata biasanya lebih banyak diderita oleh laki-laki. Kondisi ini muncul dalam bentuk jerawat dengan ukuran besar dan saling menyambung satu sama lain. Tak hanya di bagian wajah, jerawat konglobata bisa muncul di bagian lengan, leher, dada, dan bokong dengan inflamasi yang sangat tersembunyi.
Jika tidak diberi pengobatan yang tepat, jerawat ini dapat menyebabkan jaringan parut yang luas dan akan tetap ada bahkan selama bertahun-tahun.
  • Jerawat fulminans

  
Jerawat fulminans biasanya muncul sebagai lanjutan dari jerawat konglobata. Jerawat ini akan mempengaruhi kulit yang sudah meradang dan sering disertai dengan sakit di bagian sendi dan demam. Selain itu, kondisi ini juga dapat menyebabkan penurunan berat badang yang ekstrem dan pembengkakan kelenjar getah bening.

Serupa seperti jerawat konglobata, jerawat jenis ini juga bisa muncul tidak hanya di bagian wajah, tetapi bisa terdapat di bagian tubuh lain seperti lengan, dada, dan bokong. Dapat dikatakan, jerawat fulminans merupakan kondisi jerawat yang paling parah.

Jerawat fulminans disebabkan melemahnya sistem kekebalan dan meningkatnya tingkat testoteron. Tingkat tinggi hormon ini menyebabkan peningkatan produksi dan eksresi sebum juga bakteri. Sehingga merangsang pertumbuhan jerawat.

Cara membedakan jerawat konglobata dan jerawat fulminans

Meski gejala fisik mungkin pada awalnya tampak mirip, jerawat fulminans biasnya ditandai dengan adanya rasa sakit fisik yang lebih. Pasien dengan jerawat fulminans biasanya merasakan nyeri tulang atau wajah, migrain dan demam.

Mengobati jerawat

Olahraga Itu Wajib Bagi Tubuh

Bagi Anda yang baru memulai menjalankan pola hidup sehat, rasa malas terkadang menjadi kendala berolahraga. Agar tetap semangat, instruktur fitness Fredy memberikan beberapa tipsnya.

“ Berolahraga tidak harus di tempat fitness, intinya hanyalah bergerak secara kontinyu hingga memicu detak jantung. Lakukan sesuatu yang Anda senangi, misalkan bersepeda, naik gunung atau menari. Itu lebih mudah dilakukan karena bergerak sesuai dengan hobi. Anda pasti tidak akan malas melakukannya,” ucapnya.

Mengetahui tujuan Anda bergerak, berolahraga itu juga dapat menambah semangat. Pahami, bila olahraga adalah kewajiban tubuh yang membuat Anda sehat. Terlebih dahulu Anda tahu, tujuan olahraga adalah sehat, bukan sekedar target untuk menurunkan berat badan.

“ Segala hal itu perlu proses, begitu pula dengan olahraga. Seminggu, dua minggu berolahraga tidak langsung membuat berat badan berkurang. Saat Anda hanya memikirkan target kurus dengan cepat, tetapi hasilnya tidak sesuai dengan target, maka Anda akan kecewa dan malas untuk olahraga,” tutur Fredy.

Berolahraga karena ingin sehat, mendapat tubuh yang ideal adalah bonusnya. Kemudian, Anda juha dapat mengajak teman yang memiliki pola pikir sama untuk memulai hidup sehat. Berolahraga bersama-sama membuat Anda lebih bersemangat.


“ Tetapi sebenarnya, semua itu kembali lagi ke diri masing-masing. Orang yang memang mengetahui manfaat besar dari olahraga tentu tidak akan pernah malas berolahraga,” pungkasnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Text Widget

Blog Archive