Kamis, 21 Januari 2016

Jerawat, Bukan Sinyal Masalah Tubuh

Jerawat bisa muncul karena berbagai sebab. Mulai dari faktor kebersihan, konsumsi makanan tertentu, hormonal dan masih banyak lagi.

Sebagian orang percaya, tumbuhnya jerawat di bagian tertentu menggambarkan masalah kesehatan seseorang.

Hal tersebut, tegas dr Maya Milani SpKK, hanya mitos. Letak tumbuhnya jerawat bukan tanda sebuah penyakit.

“ Belum ada penelitian yang lebih lanjut yang bisa membuktikan hal itu, Misal timbul jerawat di area dahi. Bila disebut karena adanya penumpukan racun (liver).  Itu belum pasti. Bisa jadi karena sisa makeup di dahi tak tuntas dibersihkan,” jelas dia.

Pemakaian kosmetik, dapat menjadi faktor pemicu tumbuhnya jerawat. Pemakaian pelembap, alas bedak, serta scrub secara berlebihan bisa meningkatkan risiko munculnya jerawat.

Stress, hingga kurang tidur juga dapat memicu munculnya jerawat. Sebab saat gelisah, cemas dan khawatir sampai sulit tidur akan mempengaruhi kondisi kulit. Bila demikian, masalah kulit lain bisa berdatangan. Tak hanya jerawat.

“ Sering dimanipulasi. Seperti dipegang, dipencet, atau digosok-gosok membuat jerawat semakin parah. Jadi artinya, jerawat itu bisa muncul karena banyak hal. Namun letak si kecil membandel itu tak bisa menggambarkan kondisi kesehatan tubuh. Karena jerawat bisa muncul di bagian tubuh lain seperti punggung,” sebut Maya.


Menjalani pola hidup sehat, ujarnya, bisa jadi salah satu penangkal jerawat. Bukan hanya itu, dikatakan Maya hal ini bisa meminimalisasi munculnya gangguan kesehatan lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Text Widget

Blog Archive